Tuesday, April 19, 2016

Wisata menarik di Gunung Lawu yang mempesona dan membuat kamu susah lupa part 1


(fotowisata.com)


Sobat muku pasti sudah banyak yang tau lah kalau gunung Lawu bisa di sebut gunung terangker di Jawa. Namun disisi lain gunung Lawu mempunyai panorama ciptaan-Nya yang sangat indah dan akan membuat kamu ga akan bisa melupakan tempat - tempat wisata yang ada  di lereng Lawu. Berikut adalah tempat wisata yang ada di gunung Lawu.


Puncak gunung Lawu

(http://3.bp.blogspot.com)


Puncak gunung Lawu yang terletak di ketinggian 3.265 mdpl ini sangat banyak sekali orang yang mau ke atasnya walaupun angker dan banyak misteri namun animo masyarakat tetap banyak yang ingin highking mencapai puncaknya. Kita di puncak dapat melihat panorama alam yang indah, kita dapat melihat sunrise yang sangat indahdari puncak gununng Lawu tersebut dan kita dapat melihat beberapa puncak gunung yang terletak tidak jauh dari gunung Lawu, misalkan gunung Merapi dan gunung Merbabu.

Konoon saat kita mendaki puncak Lawu kita ssering mendapatkan godaan dari mahkluk yang tak kasat mata dan jika kalian mendengar suara sayang yaitu pacar lo, eehhh engga jika kalian mendengar suara “Arep tuku opo?” dalam bahas Jawa (Mau beli apa?) kalian harus mengambil uang berapapun lalu melemparnya dan mengambil apaapun yang ada disekitar kita.


Telaga Sarangan

(ngetehanget.blogspot.com)


Sobat muku selanjutnya ada telaga Sarangan, telaga yang beraba di kabupaten Magetan, Jawa Timur ini berada di ketinggian 1200 mdpl ini mempunyai pranorama alam yang sangat indah. Dengan htm hanya 10000 rupiah saja kita bisa menikmati panorama dan udara segar.

Telaga yang mempunyai cerita legenda terbuat dari dua sepasang suami istri petani yang kepanasan karena memakan telur naga dan sepasang suami istri tadi berubah menjadi naga yang guling-guling hingga dalam dan menjadi telaga tersebut. Di sana kita bisa menikmat makan seperti jagung bakar dan sate kelinci denganharga yang terjangkau. Kita disana juga bisa berkuda atau kita bisa menikmati wahana speedboat yang ada di area telaga.

Dalam perjalan ke Sarangan darii arah Solo melalui Tawangmangu (Karanganyar) akan menemukan berbagai pemandangan di jalan yang sangat indah dan kalian juga harus bersiap sarung tangan dan masker bagi kamu yang mengendarai motor karena udara yang dingin nansejuk, pasti deh kamu bakal kecanduhan kesana.


Candi Cetho

(databudaya.net)

Pasti sobat muku yang tinggal di karisidenan Surakarta sudah tidak asing lagi dengan candi yang satu ini. Candi ini terletak di ketinggian 1400 mdpl, dengan perjalanan yang sangat extrim dan jalanan yang kecil, namun perjalanan kalian akan diantarkan oleh kebun teh Kemunig yang sangat luas.

Candi cetho juuga bisa menjadi spot pendakian ke puncak lawu, memang dari sini perjalanan menjadi dekat karena candi ini berada di ketinggian 1496 mdpl namun katanya sagat angker jika kalian mendaki gunung lawu lewat sini. Dengan tiket masuk hanya 3000 rupiah saja kalian bisa menikmati candi berserta pemndangan nan indah jadi kalian bisa berselfiria disana. Namun ingat ya jika kesana harus berhati-hati.

Candi ini juga masih aktif digunakan tempat ibadah umat Hindu. Namun dari bebrapa sumber bahwa candi ini adalah candi tertua didunia karena pada 1982 peneliti Suku Maya yang berasa dari Amerika dan pecinta alam dari Australia pernah meneliti lumut yang berada di candu Cetho dan Sukuh dan ternya candi Cetho dan Candi Sukuh lebih tua dibandngkan dengan banguna yang di buat oleh Suku Maya.


Candi Sukuh

(databudaya.net)

Wah ini di Indonesia atau Mexico ya? Sobat muku ini adalah candi Sukuh yang berada di lereng Lawu, candi yang terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten karanganyar, Jawa Tengah ini memang mirip dengan bangunan peninggalan dari Suku Maya yang bernama Chichen Itzanya. Ada juga yang mengira candi Suku ini adalah buatan suku Maya yang pernah di Indonesia soalnya bentuk dari bangunan yang sama.

Dalam penelitian yang pernah di lakukan oleh peneliti Suku Maya seperti dalam arrtikel ini di bab Candu Cetho bangunan candi ini lebih tua di bandingkan dengan bangunan dari Suku Maya. Candi Sukuh konon sering memunclukan cahaya pada massa Presiden Soekarno dan Soeharto namun kini sudah mulai jarang muncul.


Air Terjun Grojokan Sewu

(http://fotowisata.com)

Air terjun Grojokan Sewu ini adalah air terjun, maasaaa sehhhh. Ya ait terjun yang ketingiannya saya kurang tau ini sangat bagus, dikala musiim kemarau airnya pun sangat deras dan pastinya saat kemarau pasti akan lebih deras airnya. Haarga tiket masuk ke wisata air terjun Tawangmangu hanay 1500 rupiah saja dan parkir juuga harga wajar. Kalian bisa mandi gratis di kolam renang yang sudah tersedia, air si kolam tersebut sangat lah dingin, untuk disarankan mandi disana janganlah terlalu lama namun sejuk sekali hawanya.

Air  terjun ini tutup sekitar pukul 16.30 pengunjung wajib ke atas dan akan tersedia anak tangga yang jumlahnya 1250 dan saat kalian turun keair terjun dengan menghitung anak tangga maka jumlahnya akan berbeda saat kalian naik ke parkiran. Dan cerita yang saya dengar saat air terjun itu tutup akan berganti pengunjung dari dunia lain.



Ya sobat muku itulah wisata lereng Lawu part 1, jagan lupa kunjungi terus situs saya dan nantikan wisata lawu part 2. Dan baca juga semua artkel dari saya ya. Makasih sobat muku sampai jumpa lagi.


author: Radityo Yoga Pratama (twitter: @radityo_yoga , instagram: @radityo_yoga

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html